Syarat dan ketentuan

Peserta dan pihak yang terlibat di dalamnya dianggap mengetahui dan memahami serta wajib patuh dan tunduk pada butir-butir yang tercakup sebagai Syarat dan Ketentuan Kegiatan Imigrasi Agam Run 2019 (“Syarat dan Ketentuan”) berikut ini:


Keberlakukan Syarat dan Ketentuan

  • Syarat dan Ketentuan ini berlaku bagi setiap pihak yang mendaftar dan/atau mengikuti Acara.
  • Hal-hal lain yang belum tercantum dalam peraturan ini akan ditetapkan kemudian oleh Panitia. Panitia berhak melakukan penyesuaian dan modifikasi atas aturan lomba jika dipandang perlu. Segala penyesuaian dan modifikasi akan dilakukan dengan pemberitahuan kepada Peserta melalui media email, surat, pesan pendek selular, media sosial dan/atau media pengumuman lainnya.
  • Peserta dianggap telah memahami, menerima dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini setelah :
    1. melengkapi Formulir Pendaftaran dan / atau
    2. telah tercatat resmi pada daftar peserta Acara yang dikeluarkan oleh Panitia


Resiko

  1. Peserta dianggap memahami, menyadari dan mengakui bahwa Acara memiliki risiko yang dapat mengakibatkan cedera, cacat bahkan kematian. Peserta menjamin bahwa pihaknya berada pada kesiapan fisik dan berada kondisi kesehatan yang cukup untuk mengikuti Acara dan setuju untuk bertanggung jawab atas tindakan dirinya saat mengikuti Acara.
  2. Peserta setuju untuk membebaskan Panitia atas segala kerugian dan kerusakan yang timbul sehubungan dengan lomba, kecuali dalam hal kerugian dan kerusakan tersebut timbul dari kelalaian yang disengaja.
  3. Lomba akan dibatalkan jika timbul hal-hal di luar kendali Panitia (termasuk hujan deras, badai, musibah, demonstrasi, tidak dikeluarkannya izin lomba, ataupun alasan lainnya). Dalam hal lomba dibatalkan karena hal-hal di luar kendali panitia, maka Panitia tidak bertanggung jawab atas kerugian atau ketidaknyamanan yang timbul.
  4. Panitia tidak bertanggung jawab atas kerugian atau ketidaknyamanan yang timbul.
  5. Peserta memahami bahwa ketidakpatuhan baik disengaja ataupun tidak disengaja terhadap peraturan lomba dapat mengakibatkan peserta kehilangan hak yang seharusnya didapat pada lomba ini


Tindakan Keamanan dan Ketertiban

  1. Panitia bermaksud untuk memastikan kelancaran, keamanan, ketertiban dan kenyamanan Acara.
  2. Panitia berhak setiap saat untuk mengeluarkan Peserta dari Acara atau mencegah Peserta mengambil bagian dalam Acara jika menurut kebijakan Panitia tindakan tersebut diperlukan untuk alasan keamanan dan ketertiban serta kenyamanan yang kondusif bagi jalannya Acara secara keseluruhan dan peserta yang terlibat di dalamnya dan atau karena alasan lain dalam batas kewajaran yang relevan dengan peraturan lomba dan Acara.


Penyampaian Informasi

  1. Panitia akan mengirimkan semua materi komunikasi yang relevan ke alamat email yang diberikan oleh Peserta pada Formulir Pendaftaran.
  2. Panitia tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan perangkat elektronik Peserta yang digunakan untuk mengakses website Acara/Website Lomba atau kelalaian teknis lainnya yang mungkin terjadi dalam proses mengirimkan materi komunikasi dan korespondensi email yang dapat menyebabkan kegagalan penerimaan oleh Peserta.
  3. Peserta wajib memastikan bahwa segala informasi (termasuk alamat email) yang diberikan adalah benar dan akurat.


Batas Umur

  1. Batasan umur yang berlaku per kategori adalah berdasarkan umur Peserta per tanggal 31 Desember di tahun berlangsungnya Acara.
  2. Batas umur minimal adalah 13 tahun dan batas umur maksimal adalah 55 tahun. Pembatasan usia berlaku terhadap seluruh jenis pendaftaran dan kategori lomba.
  3. Peserta anak-anak di bawah usia 17 tahun (13 tahun – 16 tahun) wajib melengkapi diri dengan persetujuan orang tua dengan membuat Persetujuan Orang Tua - tertulis (Parental Consent Form) yang bisa didapat di lokasi pengambilan nomor lari.
  4. Peserta dibedakan sebagai umum, pelajar dan ASN Kemenkumham.


Tata Tertib Kepesertaan

  1. Acara dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Sumatera Barat.
  2. Peserta wajib mengisi semua informasi yang diminta dalam Formulir Pendaftaran. Apabila Peserta memasukan data yang tidak benar, maka Pengelola berhak mendiskualifikasi pendaftaran Peserta.
  3. Peserta wajib mematuhi semua tata tertib dan semua petunjuk serta pedoman yang diberikan oleh Panitia dan personel keamanan yang ditunjuk oleh Panitia. Peserta mengakui dan setuju bahwa Panitia akan mengatur dan menjalankan Acara dan akan memiliki otoritas tunggal dan menjadi penentu akhir pada semua keputusan yang berkaitan dengan keselamatan, selama dan pengaturan Acara, timing/finish time dan penerapannya dalam kurun waktu jalannya Acara yang ditetapkan. Semua keputusan dan peraturan terkait Acara yang dikeluarkan oleh Panitia adalah dianggap final.
  4. Peserta menyadari, menyetujui dan mengakui bahwa kepesertaannya adalah bersifat pribadi dan tidak dapat dialihkan hak atau kewajibannya kepada pihak lain.
  5. Peserta menyatakan dan menjamin bahwa pendaftaran yang dilakukannya adalah untuk penggunaan pribadi saja dan tidak akan digunakan untuk kegiatan komersial (termasuk untuk dialihkan kepada pihak ketiga). Pelanggaran hal ini dapat berakibat diskualifikasi.
  6. Peserta wajib menunjukkan identitas pribadi berupa KTP, SIM atau Kartu Pelajar yang berlaku pada saat mengambil nomor lari. Pengambilan nomor lari dapat dilakukan melalui wakil/orang lain dengan membawa softcopy/hardcopy email nomor lari peserta, fotocopy kartu identitas peserta dan surat kuasa asli dari Peserta.


Tata Tertib Pendaftaran

  1. Peserta wajib: (i) mengisi Formulir Pendaftaran melalui Website Pendaftaran secara lengkap dan benar sesuai dengan informasi yang ditetapkan resmi pada website Acara.
  2. Pengelola akan menerbitkan konfirmasi pendaftaran sesudah Peserta terdaftar secara resmi.
  3. Peserta tidak dapat mengalihkan kepesertaannya.
  4. Peserta tidak berhak untuk mengubah informasi setelah konfirmasi pendaftaran dikirim.
  5. Pengelola berhak menutup masa pendaftaran sesudah jangka waktu tertentu atau setiap saat jika kuota telah dipenuhi.


Tata Tertib Lomba

  1. Setiap Peserta wajib hadir di lokasi Lomba 30 menit sebelum flag off dimulai. Peserta bertanggung jawab untuk memperhitungkan segala waktu yang diperlukan untuk keperluan pribadinya.
  2. Peserta tidak dapat mengikuti Lomba jika peserta gagal untuk start dalam waktu 10 menit sesudah flag-off. Peserta akan didiskualifikasi jika tidak ikut start sesuai waktu yang ditentukan. Risiko atas kondisi gagal start atau Did Not Start (DNS) ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Peserta. Apabila peserta tetap memaksakan diri berlari pada jalur atau rute lomba maka panitia berhak mencabut nomor dada peserta dan menghapuskan hal peserta atas fasilitas di jalur lomba.
  3. Panitia berhak menetapkan batas waktu atau cut off time (COT). Batas waktu atau cut off time (COT) dapat dimodifikasi (dipercepat) jika menurut pertimbangan Panitia hal ini diperlukan.
  4. Peserta yang tidak mencapai garis finish sebelum batas waktu cut off time (COT) yang telah ditetapkan akan dianggap tidak menyelesaikan Lomba.
  5. Peserta yang mencapai garis finish sesudah cut off time selesai akan ditetapkan sebagai over cut off time.


Perubahan Acara

Panitia berhak untuk mengubah tanggal Acara dengan dan untuk dasar pertimbangan yang lazim dan wajar demi kepentingan keberlangsungan penyelenggaraan dan kenyamanan Peserta dalam batas waktu penyampaian informasi perubahan secara wajar dan berada dalam batas kelaziman.


Tanggung Jawab/Kewajiban Panitia

  1. Panitia bertanggung jawab dalam batas kewajaran dan kelaziman untuk menjaga keberlangsungan Acara dan kenyamanan Peserta dalam menjalankan Acara sesuai dengan kelaziman.
  2. Dalam kondisi apapun Panitia tidak bertanggung jawab kepada Peserta untuk setiap kejadian, kecelakaan, cedera fisik dan medis, kesalahan (termasuk kelalaian) atau untuk kerugian bisnis, pendapatan atau keuntungan, tabungan atau pengeluaran sia-sia, kehilangan atau kerusakan atau peralatan pribadi milik Peserta atau kerusakan apapun baik langsung atau konsekuensial (walaupun kerugian tersebut berada dalam pertimbangan para pihak pada tanggal mengirimkan Formulir Pendaftaran) yang timbul dari Peserta dalam mengambil bagian dalam Acara atau masalah lainnya yang timbul berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini juga untuk jumlah keseluruhan lebih besar dari Biaya Pendaftaran yang dibayarkan oleh Peserta. Tanpa membatasi hal tersebut, Penyelenggara dan/atau Pengelola tidak akan bertanggung jawab atas setiap tindakan dari setiap penonton atau pihak ketiga lainnya kecuali yang ditetapkan secara berbeda.


Hak atas Materi Publikasi

  1. Untuk kepentingan dokumentasi, publikasi hasil dokumentasi, dan atau pemanfaatan hasil dokumentasi Imigrasi Agam Run 2019 maka Peserta memahami bahwa sebagai konsekuensi dari keikutsertaannya;
  2. Setiap film, foto (dengan kamera atau ponsel), atau rekaman lainnya yang bergerak atau gambar diam, dan semua kekayaan intelektual yang berhubungan dengannya (termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta) akan tetap menjadi milik dari Penyelenggara Acara, dan di mana seperti kekayaan intelektual tidak secara otomatis terkait oleh Penyelenggara Acara, Ketentuan ini bersifat mengikat secara hukum dan Peserta wajib menandatangani semua dokumen yang wajar yang diperlukan untuk hal tersebut. Dengan demikian setiap rekaman tersebut tidak akan digunakan selain untuk penggunaan pribadi tanpa persetujuan tertulis oleh pihak Penyelenggara.


Hadiah

  1. Penyelenggara akan memberikan hadiah kepada pemenang lomba sesuai kategori dan kelas yang ditentukan.
  2. Hadiah akan dipotong pajak sesuai ketentuan yang berlaku.
  3. Hadiah akan diberikan secara transfer dalam waktu maksimal tiga hari kerja sesudah pemenang dinyatakan sah dan diumumkan secara terbuka sebagai pemenang.
  4. Pemenang hanya akan berhak atas satu jenis hadiah.


Diskualifikasi & Sengketa Hasil Lomba

Peserta setuju atas keputusan Panitia atas tindakan diskualifikasi karena melanggar seluruh atau sebagian aturan diskualifikasi finisher dan/atau diskualifikasi podium.


Umum

  1. Ketentuan ini (dan seluruh dokumen sebagaimana dimaksud di dalamnya) merupakan seluruh perjanjian dan kesepahaman para pihak dan menggantikan setiap perjanjian sebelumnya antara para pihak yang terkait dengan Acara. Peserta memahami, mengakui dan setuju bahwa dalam mengirimkan Formulir Pendaftaran (dan dokumen sebagaimana dimaksud di dalamnya) tidak bergantung pada, dan tidak berarti menimbulkan hubungan, pernyataan, jaminan, pemahaman, janji atau jaminan lain (apakah lalai atau tidak disengaja) dari setiap orang (baik pihak yang berkaitan dengan Ketentuan ini atau tidak) selain secara tegas diatur dalam Ketentuan ini.
  2. Tidak ada dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dapat diduga dan dianggap sebagai kemitraan antara para pihak atau dianggap salah satu pihak sebagai agen yang lain untuk tujuan apapun dan para pihak tidak memiliki kewenangan atau kekuasaan untuk mengikat diri atau kontrak atas nama yang lain dengan cara apapun atau untuk tujuan apapun.
  3. Panitia tidak dapat dipersalahkan /diminta tanggung jawab apabila penyelenggaran Acara menjadi terganggu atau tidak dapat dilaksanakan karena terjadinya peristiwa atau yang disebabkan diluar pengendalian Panitia (baik yang muncul dari sebab-sebab alami, perbuatan manusia atau lainnya) termasuk tidak terbatas pada :
    1. Bencana alam; gempa, badai, banjir, air bah dan sebagainya,
    2. Kebakaran, tindakan perusakan/vandalisme, sabotase, kerusuhan, pemogokan, terorisme dan gangguan sipil, perang atau keadaan perang dan
    3. Karena adanya perubahan atas peraturan yang berlaku.
  4. Ketentuan pembebasan tuntutan ini berlaku secara otomatis karena setiap Peserta diwajbkan membaca dengan seksama dan telah dianggap memahami, tunduk dan patuh pada Peraturan. Penegasan pernyataan tunduk pada Peraturan dan Ketentuan dapat dilakukan secara tertulis apabila dipandang perlu pada lembar khusus yang disediakan Penyelenggara baik secara online maupun di lokasi Pengambilan Nomor Lari.
  5. Sejauh diizinkan oleh hukum semua ketentuan ini harus dipisahkan dan tidak ada ketentuan yang terpengaruh oleh ketidakberlakuan atau tidak berlakunya ketentuan lainnya dengan ketentuan yang tersisa jika dibutuhkan, yang telah diamandemen seperti yang akan diperlukan untuk memberikan efek yang sama dengan Ketentuan ini sejauh mungkin.
  6. Syarat dan Ketentuan ini harus ditafsirkan sesuai dengan hukum Indonesia dan setiap sengketa yang timbul berdasarkan Perjanjian ini harus tunduk pada yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Indonesia.